Mudjoko

Laki-laki, XX tahun

Kudus, Indonesia

SELAMAT DATANG DI BLOG PERJALANANKU, MY LIFE MY BLOG adalah blog yang menceritakan semua yang saya suka, Inspirasi, dan Motivasi.Selamat bergabung di blog saya, semoga bisa jadi motivasi dan inspirasi bagi anda yang membacanya Semoga Bermanfaat.

Visit My Blog :
=>tritunggaljayakudus.blogspot.com
=>tritunggaljaya-kudus.blogspot.com
=>tritunggal-jayakudus.blogspot.com
=>mudjoko.kds@gmail.com
::
Start
Mudjoko™ Kangmas Djoko
Shutdown

Navbar bawah

Search This Blog

Kamis, 19 Juni 2014

Tentang YEP


SEDIKIT CERITA TENTANG YEP

   YEP atau Yamaha Expansion Pack pengertian secara bebas adalah sebuah file pack instalasi yang berisi voice dan style yang telah diatur dengan setingan tertentu yang bisa diinstal ke kibord Yamaha PSR. Setelah kibord diinstal YEP, maka otomatis kibord akan bertambah style dan voice sesuai dengan isi YEP yang diinstal tadi. Tidak semua type kibord Yamaha bisa diinstal YEP. Sampai saat postingan ini dibuat, kibord Yamaha PSR yang support YEP adalah seri PSR S650, PSR S750, PSR S950, dan A2000. 
   Saat ini banyak file YEP yang beredar di internet. Ada YEP yang resmi buatan Yamaha, ada juga YEP yang dibuat sendiri oleh player. YEP yang resmi buatan Yamaha sudah support dengan voice dan style musik etnik khas tiap negara seperti Jepang, Brazil, China, India dengan khas tabla, Arab dengan musik padang pasir, dll. Tak terkecuali Indonesia, Yamaha juga membuat YEP khas Indonesia. Untuk voice berisi suara angklung, suling bambu, gendang dangdut, gamelan, dll. Sedangkan untuk stylenya berisi musik khas Indonesia seperti keroncong, dangdut, koplo, jaipong sunda, dll. 

Untuk mendownload YEP resmi yamaha klik DISINI.

   Selain YEP resmi Yamaha, banyak juga beredar YEP buatan pribadi atau perorangan. YEP buatan pribadi biasanya isinya disesuaikan dengan kebutuhan pembuatnya. Misalnya player kibord daerah Jawa Tengah banyak membuat YEP berisi gamelan jawa. Keuntungan membuat YEP sendiri, kita bisa leluasa menambah voice apa saja yang kita kehendaki seperti suara efek DJ, gendang dangdut, suara hewan, suara alat musik asli, dan tidak perlu menambah voice yang tidak kita perlukan, sebab hanya akan memenuhi memory kibord dan menambah lambat loading kibord.

Untuk tutorial membuat YEP klik DISINI

Cara menginstal YEP di kibord:

  1. Tekan FUNCTION
  2. Lalu tekan Expansion Pack Instalation
  3. Cari lokasi YEP di flashdisk
  4. Tekan INSTAL (angka 6 dibawah layar kibord)
  5. Ikuti petunjuk seterusnya
  6. Jika sudah selesai, kibord akan meminta restrat, restart aja.
  7. Selesai, selamat kibord anda sudah bertambah voice dan stylenya.
   Penggunaan YEP di style sifatnya berpasangan. Misal style A menggunakan YEP resmi Yamaha dan style B menggunakan YEP buatan sendiri. Maka hasilnya style A hanya bisa dimainkan di kibord yang diinstal YEP resmi Yamaha dan tidak bisa dimainkan di kibord lain yang tidak diinstal YEP resmi Yamaha, walaupun kibord itu sudah diinstal YEP buatan sendiri, tetap tidak akan bisa dimainkan di kibord tersebut. Hal ini menjadi salah satu kelebihan, karena bisa meminimalisir pencurian hasil karya. Seandainya bisa mencuri style, tapi kalau tidak punya YEPnya ya sama saja, tidak akan bisa dimainkan di kibord pencurinya.
   Berhubung saya sukanya musik dangdut, saya juga membuat YEP yang berisi gendang dangdut. Jika teman-teman berminat, bisa download GRATIS dan mencobanya. Didalamnya juga ada beberapa contoh style dangdut manual monggo dicoba dan mohon jangan diejek kalo ternyata jelek

Download YEP buatan saya GRATIS klik DISINI

   Demikian sedikit cerita saya soal YEP, semoga menambah sedikit pengetahuan teman-teman, kalo ada salah dan kurang saya mohon maaf karena masih pemula dan masih belajar.


0 komentar:

Energy Saving Mode
Gunakan Mouse untuk Keluar Mode Energy Saving